Sunday, 2 February 2014

Silabus Mulok X Semester 1



PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 PADANG JAYA
Jalan Semeru No. 14 Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara


 


SILABUS

Nama sekolah            : SMA Negeri 1 Padang Jaya
Mata Pelajaran          : Mulok Pertanian
Kelas/Program          : X
Semester                     : 1
Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan struktur morfologi, klasifikasi cacing tanah serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar
Indikator Penilaian
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1  Menjelaskan struktur morfologi dan klasifikasi dari cacing tanah

·      Menjelaskan ciri-ciri cacing tanah.
·      Menjelaskan klasifikasi cacing tanah
·      Membedakan cacing tanah dengan beberapa jenis cacing lainnya.
Cacing tanah
·         Menjelaskan ciri-ciri yang dimiliki oleh cacing tanah.
·         Membedakan cacing tanah dengan cacing-cacing lainnya.
·         Menjelaskan kekerabatan dan pengelompokkan cacing tanah dalam tingktan taksonomi

Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
1.2  Menjelaskan manfaat dari cacing tanah dalam kehidupan sehari-hari
·           Menjelaskan manfaat dari cacing tanah dalam kehidupan sehari-hari.
·           Menjelaskan proses pemanfaatan dari cacing tanah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
·           Mengidentifikasi nilai gizi yang terkandung di dalam tubuh cacing tanah.
Manfaat Cacing Tanah
Menjelaskan manfaat serta implikasi dari cacing tanah dalam kehidupan sehari-hari
Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
1.3  Mendeskripsikan cara-cara pembudidayaan cacing tanah.
·           Mengetahui dan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan kompos.
·           Melakukan proses pembuatan kompos sesuai dengan cara yang telah dipelajari sebagai media.
·           Mengidentifikasi hama dan penyakit yang dapat mengganggu budidaya cacing tanah.
Budidaya Cacing Tanah
·      Menjelaskan cara membudidayakan cacing tanah yang baik.
·      Mengidentifikasi hama dan penyakit yang dapat menggangu budidaya cacing tanah.
Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).

Alat :
Cangkul, Sekop.



PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 PADANG JAYA
Jalan Semeru No. 14 Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara


 


SILABUS

Nama sekolah            : SMA Negeri 1 Padang Jaya
Mata Pelajaran          : Mulok Pertanian
Kelas/Program          : XI
Semester                     : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses pembutan pupuk kompos (pupuk organik)

Kompetensi Dasar
Indikator Penilaian
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
2.1      Menjelaskan definisi pupuk kompos (pupuk organik).





·      Menjelaskan makna pupuk kompos.
·      Menjelaskan manfaat dan kelebihan dari pupuk kompos dan anorganik jangka panjang bagi tanah, lingkungan, dan manusia serta tumbuhan.
Pupuk kompos juga disebut sebagai pupuk kompos. Pupuk kompos adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti daun, batang ranting, yang melapuk atau kotoran ternak. Pupuk organik digunakan untuk memperbaiki struktur tanah. Pupuk organik membuat tanah lebih subur, gembur, dan lebih mudah diolah.
·         Berdasarkan buku sumber dapat mendefinisikan apa yang dimaksud dengan pupuk organik (pupuk kompos) dan pupuk anorganik.
·         Mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan pupuk organik (kascing).
·         Mengetahui pengaruh yang dapat ditimbulkan dari pemberian pupuk organik pupuk kompos terhadap sifat tanah, organisme tanah, lingkungan, dan manusia.
·         Mendiskusikan manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh pupuk organik (kompos) terhadap tanaman.
Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).



Bahan :
Kotoran ternak, jerami, sekam, dedak, EM 4 dan gula pasir.
2.2     Menjelaskan unsur-unsur hara yang terkandung di dalam pupuk kompos.

·      Menyebutkan unsur hara makro maupun unsur haramikro yang dalam kompos.
·      Menjelaskan fungsi masing-masing dari unsur hara.
·      Mendefinisi dari unsur hara pada tanaman.
·      Menjelaskan gejala yang timbul akibat dari defisiensi unsur hara yang terjadi pada tanaman.
Unsur yang terkandung dalam Kompos
·         Menggali dari berbagai sumber informsi/penelusuran situs internet tentang unsur hara makro dan mikro yang terkandung dalam kompos dan dibutuhkan oleh tanaman.
·         Mengetahui apa yang terjadi pada tanaman sebagai dampak dari defisiensi yang ditimbulkan oleh unsur hara.
·         Mendiskusikan dengan teman atau guru tentang gejala-gejala yang timbul karena difisiensi unsur hara tersebut.
Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).




2.3     Mendeskripsikan cara-cara pembuatan kompos (pupuk organik)
·      Mengetahui dan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan kompos.
·      Melakukan proses pembuatan kompos sesuai dengan cara yang telah dipelajari.
·      Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan proses pembalikan dari kompos selama proses pembuatan.
·      Mengetahui cara pengeringan kompos.
Proses pembuatan kompos berlangsung :
1)   Persiapan tempat pembuatan kompos tidak membutuhkan tempat yang khusus.
2)   Cara pembuatan semua bahan yang telah disiapkan diolah sesuai dengan prosedur
·         Melakukan pengumpulan bahan untuk pembuatan pupuk organik.
·         Membuat lubang untuk pembuatan pupuk organik.
·         Menyiapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan dalam pembuatan pupuk organik.
·         Melakukan pengadukan seminggu sekali selama proses fermentasi.
·         Setelah proses fermentasi selesai dan dilakukan pengamatan apakah pupuk telah siap digunakan sebagai media tanam.
Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).

Alat :
Cangkul, Sekop.
























PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 PADANG JAYA
Jalan Semeru No. 14 Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara


 


SILABUS

Nama sekolah            : SMA Negeri 1 Padang Jaya
Mata Pelajaran          : Mulok Pertanian
Kelas/Program          : XI
Semester                     : 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami proses pembuatan pupuk kompos kascing

Kompetensi Dasar
Indikator Penilaian
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
3.1         Menjelaskan definisi pupuk kompos kascing.

·      Menjelaskan makna pupuk kascing.
·      Menjelaskan manfaat dan kelebihan dari pupuk kascing terhadap lingkungan, dan manusia.
·      Menjelaskan pengaruh pemberian pupuk kascing terhadap sifat tanah.
·      Membuat pupuk organik dengan tejnik memanfaatkan cacing tanah.
Kascing (Bekas tanah media hidup cacing tanah).

Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).



Bahan :
Kotoran ternak, jerami, sekam, dedak, EM 4 dan gula pasir.
3.2         Menjelaskan unsur-unsur hara yang terkandung di dalam pupuk kascing.
·      Menyebutkan unsur hara makro maupun unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.
·      Menjelaskan fungsi masing-masing dari unsur hara.
Unsur Hara Kascing
Menjelaskan semua kandungan hara yang tedapat di dalam Kascing.
Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).


3.3         Mendeskripsikan cara-cara pembuatan kompos (kascing).
·      Mengetahui dan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan kompos.
·      Melakukan proses pembuatan kompos sesuai dengan cara yang telah dipelajari.
·      Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan proses pembalikan dari kompos selama pembuatan.
·      Mengetahui cara pengeringan kompos dan kapan kompos dapat digunakan.
Proses pembuatan kompos kascing berlangsung :
1)   Persiapan tempat Pembuatan komos tidak membutuhkan tempat yang khusus.

·      Melakukan pengumpulan bahan untuk pembuatan pupuk organik.
·      Membuat lubang untuk pembuatan pupuk organik.
·      Menyiapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan dalam pembuatan pupuk kascing.
·      Melakukan pengadukan seminggu sekali selama proses fermentasi.
·      Setelah proses fermentasi selesai dan dilakukan pengamatan apakah pupuk telah siap digunakan sebagai media tanam.
Jenis Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Tagihan :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
2 x 45’
Sumber :
Diktat muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya), Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).



Bahan :
Kotoran ternak, jerami, sekam, dedak, EM 4 dan gula pasir.



Mengetahui,
Kepala Sekolah.........




..................................................
NIP............................................



................................,         Agustus  20....
Guru Mata Pelajaran
Mulok Pertanian




...............................................................
NIP.......................


No comments:

Post a Comment