PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 PADANG JAYA
Jalan
Semeru No. 14 Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara
SILABUS
Nama sekolah : SMA Negeri 1 Padang Jaya
Mata Pelajaran : Mulok Pertanian
Kelas/Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan struktur morfologi,
klasifikasi cacing tanah serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Penilaian
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
|
1.1
Menjelaskan struktur morfologi dan klasifikasi
dari cacing tanah
|
· Menjelaskan ciri-ciri
cacing tanah.
· Menjelaskan
klasifikasi cacing tanah
· Membedakan
cacing tanah dengan beberapa jenis cacing lainnya.
|
Cacing
tanah
|
·
Menjelaskan ciri-ciri yang dimiliki oleh cacing
tanah.
·
Membedakan cacing tanah dengan cacing-cacing
lainnya.
·
Menjelaskan kekerabatan dan pengelompokkan cacing
tanah dalam tingktan taksonomi
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
|
|
1.2
Menjelaskan manfaat dari cacing tanah dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan manfaat dari cacing tanah dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Menjelaskan proses pemanfaatan dari cacing tanah
dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
·
Mengidentifikasi nilai gizi yang terkandung di
dalam tubuh cacing tanah.
|
Manfaat
Cacing Tanah
|
Menjelaskan
manfaat serta implikasi dari cacing tanah dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
|
|
1.3
Mendeskripsikan cara-cara pembudidayaan cacing
tanah.
|
·
Mengetahui dan mempersiapkan alat dan bahan yang
akan digunakan dalam proses pembuatan kompos.
·
Melakukan proses pembuatan kompos sesuai dengan
cara yang telah dipelajari sebagai media.
·
Mengidentifikasi hama dan penyakit yang dapat
mengganggu budidaya cacing tanah.
|
Budidaya
Cacing Tanah
|
· Menjelaskan
cara membudidayakan cacing tanah yang baik.
· Mengidentifikasi
hama dan penyakit yang dapat menggangu budidaya cacing tanah.
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
Alat
:
Cangkul,
Sekop.
|
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 PADANG JAYA
Jalan
Semeru No. 14 Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara
SILABUS
Nama sekolah : SMA Negeri 1 Padang Jaya
Mata Pelajaran : Mulok Pertanian
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses pembutan pupuk kompos
(pupuk organik)
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Penilaian
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
|
2.1
Menjelaskan
definisi pupuk kompos (pupuk organik).
|
· Menjelaskan
makna pupuk kompos.
· Menjelaskan
manfaat dan kelebihan dari pupuk kompos dan anorganik jangka panjang bagi
tanah, lingkungan, dan manusia serta tumbuhan.
|
Pupuk
kompos juga disebut sebagai pupuk kompos. Pupuk kompos adalah pupuk yang
terbuat dari bahan-bahan organik seperti daun, batang ranting, yang melapuk
atau kotoran ternak. Pupuk organik digunakan untuk memperbaiki struktur
tanah. Pupuk organik membuat tanah lebih subur, gembur, dan lebih mudah
diolah.
|
·
Berdasarkan buku sumber dapat mendefinisikan apa
yang dimaksud dengan pupuk organik (pupuk kompos) dan pupuk anorganik.
·
Mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam
proses pembuatan pupuk organik (kascing).
·
Mengetahui pengaruh yang dapat ditimbulkan dari
pemberian pupuk organik pupuk kompos terhadap sifat tanah, organisme tanah,
lingkungan, dan manusia.
·
Mendiskusikan manfaat apa saja yang bisa diberikan
oleh pupuk organik (kompos) terhadap tanaman.
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
Bahan
:
Kotoran
ternak, jerami, sekam, dedak, EM 4 dan gula pasir.
|
|
2.2
Menjelaskan unsur-unsur hara yang terkandung di
dalam pupuk kompos.
|
· Menyebutkan
unsur hara makro maupun unsur haramikro yang dalam kompos.
· Menjelaskan
fungsi masing-masing dari unsur hara.
· Mendefinisi
dari unsur hara pada tanaman.
· Menjelaskan
gejala yang timbul akibat dari defisiensi unsur hara yang terjadi pada
tanaman.
|
Unsur
yang terkandung dalam Kompos
|
·
Menggali dari berbagai sumber informsi/penelusuran
situs internet tentang unsur hara makro dan mikro yang terkandung dalam
kompos dan dibutuhkan oleh tanaman.
·
Mengetahui apa yang terjadi pada tanaman sebagai
dampak dari defisiensi yang ditimbulkan oleh unsur hara.
·
Mendiskusikan dengan teman atau guru tentang
gejala-gejala yang timbul karena difisiensi unsur hara tersebut.
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
|
|
2.3
Mendeskripsikan cara-cara pembuatan kompos (pupuk
organik)
|
· Mengetahui dan
mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan
kompos.
· Melakukan
proses pembuatan kompos sesuai dengan cara yang telah dipelajari.
· Mengetahui
waktu yang tepat untuk melakukan proses pembalikan dari kompos selama proses
pembuatan.
· Mengetahui
cara pengeringan kompos.
|
Proses
pembuatan kompos berlangsung :
1)
Persiapan tempat pembuatan kompos tidak
membutuhkan tempat yang khusus.
2)
Cara pembuatan semua bahan yang telah disiapkan
diolah sesuai dengan prosedur
|
·
Melakukan pengumpulan bahan untuk pembuatan pupuk
organik.
·
Membuat lubang untuk pembuatan pupuk organik.
·
Menyiapkan semua bahan dan alat yang akan
digunakan dalam pembuatan pupuk organik.
·
Melakukan pengadukan seminggu sekali selama proses
fermentasi.
·
Setelah proses fermentasi selesai dan dilakukan
pengamatan apakah pupuk telah siap digunakan sebagai media tanam.
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
Alat
:
Cangkul,
Sekop.
|
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 PADANG JAYA
Jalan
Semeru No. 14 Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara
SILABUS
Nama sekolah : SMA Negeri 1 Padang Jaya
Mata Pelajaran : Mulok Pertanian
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami proses pembuatan pupuk kompos
kascing
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Penilaian
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
|
3.1
Menjelaskan definisi pupuk kompos kascing.
|
· Menjelaskan
makna pupuk kascing.
· Menjelaskan
manfaat dan kelebihan dari pupuk kascing terhadap lingkungan, dan manusia.
· Menjelaskan
pengaruh pemberian pupuk kascing terhadap sifat tanah.
· Membuat pupuk
organik dengan tejnik memanfaatkan cacing tanah.
|
Kascing
(Bekas tanah media hidup cacing tanah).
|
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
Bahan
:
Kotoran
ternak, jerami, sekam, dedak, EM 4 dan gula pasir.
|
|
3.2
Menjelaskan unsur-unsur hara yang terkandung di
dalam pupuk kascing.
|
· Menyebutkan
unsur hara makro maupun unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.
· Menjelaskan
fungsi masing-masing dari unsur hara.
|
Unsur
Hara Kascing
|
Menjelaskan
semua kandungan hara yang tedapat di dalam Kascing.
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
|
|
3.3
Mendeskripsikan cara-cara pembuatan kompos
(kascing).
|
· Mengetahui dan
mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan
kompos.
· Melakukan
proses pembuatan kompos sesuai dengan cara yang telah dipelajari.
· Mengetahui
waktu yang tepat untuk melakukan proses pembalikan dari kompos selama
pembuatan.
· Mengetahui
cara pengeringan kompos dan kapan kompos dapat digunakan.
|
Proses
pembuatan kompos kascing berlangsung :
1)
Persiapan tempat Pembuatan komos tidak membutuhkan
tempat yang khusus.
|
· Melakukan
pengumpulan bahan untuk pembuatan pupuk organik.
· Membuat lubang
untuk pembuatan pupuk organik.
· Menyiapkan
semua bahan dan alat yang akan digunakan dalam pembuatan pupuk kascing.
· Melakukan
pengadukan seminggu sekali selama proses fermentasi.
· Setelah proses
fermentasi selesai dan dilakukan pengamatan apakah pupuk telah siap digunakan
sebagai media tanam.
|
Jenis
Tagihan : Tugas Individu, tugas kelompok, Performans, ulangan.
Bentuk
Tagihan :
Produk,
unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.
|
2 x 45’
|
Sumber
:
Diktat
muatan lokal pertanian. Buku memanfaatkan kotoran ternak (Penebar Swadaya),
Buku membuat kompos secara kilat (Penebar Swadaya).
Bahan
:
Kotoran
ternak, jerami, sekam, dedak, EM 4 dan gula pasir.
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah.........
..................................................
NIP............................................
|
|
................................, Agustus 20....
Guru
Mata Pelajaran
Mulok
Pertanian
...............................................................
NIP.......................
|
No comments:
Post a Comment